Cara Mengaktifkan “Ok Google” / Google Now di Android

0
342

Dianisa.comCara Menggunakan dan Mengaktifkan “Ok Google” di HP Android. Google Now atau Ok Google merupakan salah satu aplikasi sekaligus fitur milik Google yang dapat digunakan untuk mempermudah pengguna Android untuk mencari kata kunci di Search Engine Google.com. Ok Google mampu mendeteksi suara penggunanya sesuai dengan kata atau kalimat yang di ucapkan. Dan menariknya, Ok Google telah tersedia dalam bahasa Indonesia, artinya pengguna Android di Indonesia bisa merasakan kecanggihan fitur dari Ok Google tersebut. Cara menggaktifkan atau menggunakan Ok Google (Google Now) sebenarnya sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan lengkap dari Cara Mengaktifkan “Ok Google” Di HP Android berikut ini.

Baca Juga :

Mengaktifkan “Ok Google” di HP Android

Mengaktifkan atau menggunakan fitur Ok Google sebenarnya sangat mudah, tapi sebelum menggunakan fitur Ok Google, pastikan anda meng-update Google App Service ke versi paling baru. Hal ini anda lakukan supaya nantinya fitur yang ada lebih lengkap dan juga pilihan bahasa lebih banyak. Selain itu, anda juga akan mendapatkan fitur pembaruan dari #Google sesuai dengan pembaharuan aplikasi yang ada. Untuk mengaktifkan “Ok Google”, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

1. Pertama, buka Google App, dan pilih “Google”. Tap tepat pada bagian pojok kanan atas yang berisi menu – menu Ok Google. Pilih “Setelan”.

Cara Menggunakan Fitur Ok Google di Android 1

2. Selanjutnya anda pilih “Suara” untuk mengaktifkan fitur Suara yang anda ucapkan. Nah, pada bagian tersebut, anda ubah pada bagian “Keluaran Suara”, dari yang sebelumnya “Khusus Handsfree” menjadi “Aktif”. Tapi jika sudah dalam kondisi Aktif maka anda tidak perlu melakukan perubahan.

Cara Aktifkan Suara Ok Google di Android 2

3. Kemudian pada bagian “Bahasa”. Anda bisa pilih bahasa yang anda inginkan, di anjurkan untuk memilih lebih dari 2 bahasa, utamanya adalah “Bahasa Indonesia” dan “Bahasa Inggris (English)”. Walaupun anda tidak atau belum bisa bahasa Inggris tapi tetaplah pilih bahasa Inggris supaya nantinya pengaturan pada Deteksi Ok Google bisa aktif dan lancar.

Cara Membuka Aplikasi Dengan Perintah Suara 3

4. Kemudian pada bagian “Deteksi Ok Google”, anda aktifkan “Dari Aplikasi Google” dan juga “Dari Layar Manapun” dan selanjutnya anda ikuti petunjuk aplikasi sampi berhasil. Dengan melakukan perubahan tersebut, anda bisa menggunakan Ok Google tanpa harus membuka aplikasi, cukupp dengan mengucapkan “Ok Google” pada semua bagian layar.

Cara Mengatur Ok Google Android 4

5. Untuk mencobanya, anda bisa ucapkan Ok Google, dan secara otomatis Smartphone Android anda akan mendengar dan anda bisa langsung mengucapkan kata kunci atau kalimat yang anda inginkan.

6. Selesai.

Yang menarik dari Ok Google adalah anda bisa membuka apapun yang anda inginkan, tidak terkecuali pada aplikasi Android. Jika misalnya anda ingin membuka aplikasi BBM, maka cukup ucapkan “Ok Google Buka BBM” maka BBM akan terbuka. Sama halnya dengan facebook, cukup upapkan “Ok Google Buka Facebook” maka secara otomatis facebook akan terbuka.

CATATAN : Terkadang, ada beberapa smartphone yang tidak bisa melakukan pengaturan seperti diatas. Seperti yang saya katakana diatas, sebelum anda melakukan pengaturan pada “Ok Google” pastikan anda meng-update aplikasi tersebut.

Terjadi Masalah, Apa Solusinya?

Setiap pengguna Android tentu memiliki masalah pada Google Apps yang berbeda – beda, tentu saja tidak bisa menjelaskan satu – persatu masalah yang ada. Google Now support pada OS Android v4.4 ke atas, dimulai dari Kikat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan seterusnya. Jika nantinya terjadi masalah, silahkan anda tulis keluhan atau masalah anda melalui komentar di bawah ini, semoga nantinya saya bisa membantu permasalah yang ada.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatur Dan Mengaktifkan “Ok Google” (Google Now) Di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here