5 Cara Memperkuat Sinyal GPS Pada Smartphone Android

0
1636

Dianisa.comTips Ampuh Memperkuat Sintal GPS Pada Ponsel Android. GPS merupakan salah satu fitur Lokasi yang ada pada smartphone dan tablet Android. Fitur GPS dapat membantu seseorang dalam mencari lokasi yang tidak kita ketahui atau belum pernah kita kunjungi, termasuk arah jalan dari lokasi tersebut. Ada banyak aplikasi dan game yang memanfaatkan GPS sebagai alat untuk memandu pengguna dalam mencari lokasi yang di inginkan seperti Google Maps dan Pokemon GO!.

Baca Juga :

Semua perangkat android telah dilengkapi dengan fitur GPS seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Acer, Axioo, Sony Experia, Smartfren Adromax, Meizu, ZTE, dan perangkat Android lainnya. Semua perangkat Android yang dilengkapi fitur GPS tentu akan mempermudah pengguna dalam mencari lokasi lengkap dengan petunjuk arah yang ada.

Tips Memperkuat Sinyal GPS Pada Android

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips dalam memperkuat sinyal GPS Android yang mudah dan cepat. Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa Sinyal GPS berbeda dengan sinyal jenis lainnya, yang artinya sinyal GPS memiliki Hardware tersendiri yang ada pada semua perangkat Android. Sampai saat ini sinyal GPS belum bisa dibilang baik 100%, terkadang bisa juga terjadi masalah error, sulit dalam mencari lokasi, atau hilang ditengah jalan karena tidak tersedia sinyal.

Ada beberapa tips yang bisa anda coba terapkan supaya sinyal GPS di Ponsel Android anda lebih kuat dan lebih akurat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak tipsnya berikut ini.

1. Buat Sinyal GPS Untuk Selalu Aktif

Sinyal GPS yang selalu aktif ternyata dapat mempermudah kita dalam mencari lokasi dan arah jalan. Cara ini akan memperkuat sinyal GPS terus – menerus. Namun sayangnya, mengaktifkan sinyal GPS berdampak pada daya baterai akan cepat terkuras. Tapi jika anda menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai lumayan besar saya rasa tidak akan jadi masalah.

Terlebih lagi, anda juga bisa membawa Power Bank saat anda berpergian, supaya anda bisa men-charger smartphone dimanapun dan kapanpun. Selain membuat sinyal GPS (Lokasi) terus aktif, anda juga harus menerapkan tips kedua berikut ini.

2. Setting Sinyal GPS Pada Mode High Accuracy

Perlu anda ketahui bahwa GPS memiliki tiga mode pilihan yakni akurasi tinggi, hemat baterai, dan juga khusus perangkat. Akurasi terbaik dari GPS adalah Akurasi tinggi (High Accuracy). Dengan anda memilih GPS pada mode High Accuracy maka lokasi dan sinyal yang anda dapatkan akan jauh lebih kuat. Untuk memilih mode ini, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatur GPS Ke Mode High Accuracy

 

  • Buka menu Pengaturan » Lokasi » Mode » Kemudian pilih Mode “Akurasi Tinggi”.

Baca Juga :

Namun sayangnya, mengaktifkan mode akurasi tinggi membuat baterai android cepat habis. Jadi sebelum mengaktifkan GPS pada akurasi tinggi pastikan baterai android anda dalam kondisi penuh (Full). Selain itu, sediakan juga Power Bank sebagai jaga – jaga disaat nanti baterai mau habis bisa langsung anda charger.

3. Refresh Data GPS

Apabila GPS terjadi error, lemot, atau masalah tertentu yang membuat anda sulit mencari lokasi atau loading terus, cobalah untuk Refresh GPS di Android anda. Hal ini bertujuan supaya GPS memulai proses ulang untuk mencari lokasi keberadaan ponsel Android anda.

Untuk melakukan cara tersebut cukup mudah, anda tinggal masuk pada menu Notifikasi, kemudian matikan GPS selama beberapa saat, kemudian aktifkan GPS tersebut kembali.

4. Cari Tahu Masalah Pada Hardware dan Software GPS

Coba anda cari tahu mengenai permasalah pada GPS android anda. Anda bisa mencoba mengunduh aplikasi lain sebagai percobaan apakah memang GPS mengalami kerusakan, error pada Software atau yang lainnya. Anda bisa coba bawa dan tanyakan ke Service Center atau Penjual Perangkat Smartphone supaya bisa lihat dan diperbaiki.

Baca Juga :

5. Coba Gunakan Penerima GPS Eksternal

GPS Eksternal biasanya bisa menjadi penambah atau aksesoris pada Mobil sebagai salah satu cara dalam mencari lokasi dan arah jalan yang belum pernah kita kunjungi. Perangkat GPS Eksternal sama seperti pada smartphone. Anda bisa hubungkan antara GPS Android dengan GPS Eksternal, hal tersebut tentu akan lebih kuat karena hardware pada GPS Eksternal lebih besar dan lebih baik. Anda harus merogoh kocek untuk tips terakhir yang satu ini.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Memperkuat Sinyal GPS (Lokasi) Pada Smartphone Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here