Mengatasi Flashdisk Write Protected

Dianisa.com – Tips Jitu Cara Mengatasi Flashdisk Error Muncul Tulisan Write Protected. Flashdisk merupakan alat atau media penyimpanan yang memang harus dimiliki oleh pengguna #Komputer atau Laptop. Seseorang yang setiap harinya bekerja menggunakan Laptop atau Komputer tentunya memiliki Flashdisk, entah itu pelajar, mahasiswa, pengusaha /Wirausahawan, karyawan kantor, ataupun yang lainnya.

Baca Juga :

Salah satu barang yang memang sering digunakan untuk memindah data dari komputer satu ke komputer lainnya ternyata memang rawan terjadi kerusakan, entah itu karena Virus, hardware konslet, umur yang sudah lama, ataupun kesalahan dalam menggunakan flashdisk. Beberapa pemilik Flashdisk sering kali mengeluh mengenai flashdisk yang tidak bisa terbaca oleh komputer, tidak bisa diformat, tidak bisa membuka file, terdapat banyak virus shortcut, dan yang paling baru muncul pesan error bertuliskan “The Disk is Write Protected”.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips Mengenai Cara Mengatasi The Disk Is Write Protected Pada Flashdisk. Penyebab mengenai pesan error tersebut biasanya terjadi karena pengguna jarang melakukan Eject /Safety Removed Hardware disaat sedang mengirim atau memindah data ke Flashdisk. Selain itu, penyebab lain mengenai permasalahan tersebut bisa juga karena Virus yang memang suka merusak data yang membuat flashdisk terus – terusan muncul pesan “The Disk is Write Protected”. (Baca : Inilah Bahaya Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware)

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Tidak Bisa diFormat

Mengenai permasalahan Flashdisk yang error tersebut, saya akan membantu dengan metode – metode sederhana yang cukup mudah untuk anda lakukan. Metode yang saya berikan mungkin belum bisa dikatakan berhasil 100%, tapi setidaknya anda coba terlebih dahulu dan barulah anda bisa lihat hasilnya. Metode cukup singkat dan aman untuk anda lakukan, tidak merusak sistem komputer sama sekali. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak metode – metodenya berikut ini.

Metode 1 : Hapus File Write Protected di Registry Editor

Registry Editor merupakan bagian terpenting yang ada pada Sistem Operasi Windows XP, 7, 8, atau 10. Semua versi sistem Operasi Windows pastinya memiliki Registry Editor. Dibagian tersebut biasanya ada file – file registry penting yang umumnya dapat mengeksekusi semua file Windows. Pengguna dapat mengubah settingan atau bahkan menghapus file registry sesuai keinginan. Nah, untuk kali ini karena Flashdisk muncul pesan bertuliskan Write Protected, maka hapus saja file Write Protected pada Flashdisk melalui Registry Editor. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, anda colokkan Flashdisk anda ke Port USB Laptop atau Komputer yang anda miliki.
  2. Selanjutnya, klik Start » Run » kemudian ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik) untuk masuk ke Opsional Registry Editor, lalu tekan tombol Enter.
  3. Selanjutnya pada bagian tersebut, anda bisa langsung tekan “Ctrl+F” Untuk masuk ke Mode Pencarian Cepat. Ketikkan dengan kata kunci “Write Protected” (Tanpa Tanda Kutip) untuk mencari file Write Protected yang ada pada Flashdisk. Langsung saja klik “Find Next” dan tunggu sampai proses pencarian file selesai.
  4. Jika telah ditemukan langsung saja klik kanan pada file Write Protected tersebut, kemudian pilih “Delete” dan Klik “Yes”.
  5. Tutup Program Registry Editor, lalu cabut Flashdisk kesayangan anda, kemudian Restart komputer anda.
  6. Selesai.

Metode 2 : Format Flashdisk dengan HDD Low Level Format

HDD Low Level Format merupakan aplikasi Windows Gratis yang bisa anda manfaatkan untuk memformat Flashdisk error, rusak, tidak terbaca, Write Protected, dan lain sebagainya. Jika misalnya dengan metode pertama tidak berhasil, maka cobalah dengan metode kedua yakni dengan HDD Low Level Format. Tenang saja, aplikasi ini gratis dan bisa anda temukan banyak di Pencarian Google. Untuk cara penggunaannya, langsung saja anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Seperti biasa, langkah pertama anda harus colokkan Flashdisk ke Port Komputer atau Laptop.
  2. Selanjutnya buka aplikasi kecil yang sudah anda unduh bernama HDD Low Level Format. Kemudian Pilih Nama Flashdisk anda yang ingin anda Format, misalnya Toshiba atau semacamnya. Setelah itu, klik “Continue” untuk melanjutkan.
  3. Selanjutnya klik pada bagian tap “Low Level Format”. Dan untuk mem-format Flashdisk, anda bisa langsung klik “Format This Device”. Proses format mungkin akan sedikit lebih lama dibanding format pada umumnya. Tunggu sampai proses format selesai.
  4. Jika telah berhasil, Eject dan cabut Flashdisk anda, kemudian Restart komputer atau laptop.
  5. Selesai.

Itulah 2 metode yang bisa anda praktekan dalam mem-format Flashdisk atau menghilangkan pesan error bertuliskan “The Disk is Write Protected”. Dengan adanya tips tersebut, semoga Flashdisk anda bisa normal dan dapat digunakan untuk menyimpan, mengirim, ataupun memindah data.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected Di Windows, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan mengenai Flashdisk yang error atau rusak, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here