7 Cara Mengatasi HP Android Yang Terendam/ Terkena Air

0
541

Dianisa.comTips Cara Mengatasi dan Memperbaiki Smartphone dan Tablet Android Yang Terendam / Terkena Air. Smartphone atau Tablet android merupakan teknologi yang membutuhkan sumber daya berupa listrik atau setrum. Semua jenis teknologi baik itu smartphone, TV, Radio, dan Komputer jika terkena air atau bahkan terendam maka akan terjadi kerusakan, kecuali perangkat tersebut dalam keadaan mati.

Baca Juga :

Mengapa Air Bisa Merusak Perangkat Android? Secara ilmu sains saya belum tahu, tapi yang jelas air dapat menghantarkan listrik kesegala arah sesuai dengan besar arus dari listrik itu sendiri. Jadi, apabila ponsel android terendam air, dan air tersebut masuk ke dalam komponen ponsel maka akan membuat sistem rangkaian terjadi konsleting dan rusak.

Ada beberapa ponsel android yang memang memiliki fitur Tahan Air, sehingga apabila terkena air ataupun terendam air juga tidak akan menjadi masalah. Namun ponsel android semacam itu tentunya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding dengan ponsel android biasa.

Tips Selamatkan Ponsel Android Yang Terkena Air

Jika anda hanya memiliki ponsel android biasa tentunya anda sangat khawatir apabila ponsel yang anda miliki satu-satunya terkena atau terendam air. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips sederhana Memperbaiki Ponsel Android Setelah Terendam Atau Terkena Air. Berikut tips-tipsnya.

1. Jangan Langsung Dinyalakan

Mengapa tidak boleh dinyalakan? Apabila ponsel milik anda dalam keadaan basah atau terkena air sebaiknya jangan langsung dinyalakan, karena jika hal ini dilakukan takutnya akan merusak komponen yang ada pada ponsel tersebut. Komponen hardware ponsel yang basah sangat rentan sekali dengan air, jika terdapat aliran sumber daya berupa listrik dari baterai android maka dapat menyebabkan arus pendek atau konsleting.

2. Keluarkan Baterai Ponsel

Mengeluarkan baterai android dari dalam ponsel adalah tindakan yang paling benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada bagian sirkuit-sirkuit yang ada di ponsel tersebut. Untuk jenis ponsel yang memang tidak bisa di keluarkan baterai androidnya sebaiknya biarkan saja sampai benar-benar kering.

3. Keluarkan SIM dan Memory Card

Sama seperti dengan baterai android, SIM dan Memory Card juga dapat rusak karena adanya air yang membasahi. Terutama pada bagian Memory Card yang terbuat dari bahan metal yang cenderung sering mengalami kerusakan pada bagian logamnya.

4. Lepas Aksesoris Yang Menempel

Ada beberapa aksesoris yang memang dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun jika ponsel dalam keadaan basah sebaiknya lepas terlebih dahulu agar tidak menggangu. Anda bisa memasang kembali setelah ponsel tersebut telah kering dan normal kembali.

5. Keringkan Ponsel

Untuk mengeringkan ponsel android sebaiknya gunakan tisu atau kuas kecil yang halus agar tidak merusak komponen dalamnya. Lakukan secara santai dan perlahan-lahan. Dan apabila telah dibersihkan diamkan diatas meja beberapa saat sampai ponsel tersebut benar-benar terlihat kering.

6. Gunakan Vacum Cleaner

Vacum Cleaner merupakan alat penyedot debu yang biasanya juga digunakan oleh seorang teknisi untuk membersihkan debu yang menempel pada komponen dalam PC ataupun Laptop. Alat ini juga bisa anda gunakan untuk memberihkan komponen ponsel android yang sedang kemasukan air.

7. Pasang Dan Nyalakan Kembali Ponsel

Pasang Baterai, Memori Card, dan SIM yang telah anda lepaskan. Kemudian cobalah nyalakan kembali ponsel anda. Tentunya anda berharap bahwa ponsel yang anda miliki dapat berjalan normal kembali seperti biasanya.

NOTE : Jika dengan tips-tips diatas tidak dapat membantu permasalahan anda, sebaiknya tanyakanlah kepada teknisi android yang lebih handal.

Baca Juga :

Smartphone android memang sangat rentan sekali terhadap air, jadi sebaiknya hindari penggunaan Hp disaat anda sedang berdekatan dengan air, seperti sedang minum, cuci muka, atau mandi. Sekian informasi mengenai Cara Memperbaiki Ponsel Android Yang Terendam Atau Terkena Air semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here