Memperbaiki Flashdisk Error dan Tidak Bisa Dibuka

Dianisa.com – Flashdisk Tidak Bisa Diformat? Ini Solusi Cara Mengatasinya. Flashdisk merupakan salah satu alat atau media penyimpanan penting yang bertujuan dalam menyimpan data yang tentunya bersifat Portable dan dapat dibawa kemana – mana. Flahdisk memang sangat penting bagi kita – kita para IT atau para pengguna Laptop dan #Komputer, entah itu pengusaha, karyawan kantor, pelajar, mahasiswa, dsb.

Baca Juga :

Namun sayangnya, Flasdisk sering kali mengalami kerusakan. Banyak sekali program dari Flashdisk error, rusak, corrupt, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, banyak juga bagian hardware yang bengkok, konslet, patah, dan sebagainya. Kenapa Flashdisk Tidak Bisa Diformat? Inilah permasalah yang sering dihadapi oleh para pemilik dan pengguna Flashdisk. Alasan mengenai flashdisk tidak bisa diformat mungkin karena program partisi yang error, rusak, corrupt dan lain sebagainya. Tidak hanya partisi saja, Virus juga bisa menjadi penyebab mengenai flahsdisk tidak bisa diformat tersebut.

Format artinya menghapus secara keseluruhan dari isi Flashdisk. Ini berarti semua data penting di Flashdisk anda akan hilang secara total dan tidak bisa dikembalikan lagi. Jika anda ingin mem-format flahdisk tapi tidak bisa diformat, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya flashdisk bisa diformat. Penasaran dengan Tipsnya seperti apa? Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Format Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Ada beberapa metode yang akan saya berikan mengenai format flasdisk paling jitu dan dijamin Ampuh. Metode pertama anda tidak membutuhkan software tambahan sama sekali, sedangkan metode kedua anda bisa gunakan software format gratis. Penasaran dengan metode – metode yang saya berikan seperti apa? Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Metode 1 : Format Flashdisk Dengan Computer Management

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan fitur Computer Management yang ada pada Komputer Windows. Cara ini sangat mudah untuk anda lakukan, tidak perlu keahlian khusus untuk melakukannya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Flashdisk Tidak Bisa Diformat

  1. Pertama, Colokkan Flashdisk ke USB port Komputer atau laptop yang anda miliki.
  2. Klik Start » Run » kemudian ketikkan “compmgmt.msc” (tanpa tanda petik), lalu tekan tombol enter.
  3. Klik Programs compmgmt » Pilih Storage » Pilih Disk Management. Tunggu sebentar sampai flashdisk terdeteksi, klik kanan pada Flashdisk yang terdeteksi tersebut, kemudian pilih “Format”. Jika ada Pesan Notifikasi muncul, langsung saja klik “Yes”.
  4. Selesai.

Metode 2 : Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat Write Protected

Disaat Flashdisk anda colokkan pada komputer, kemudian muncul pesan error bertuliskan “The Disk is Write-Protected” dan kemudian anda tidak bisa membuka data apapun, maka terpaksa anda format flashdisk tersebut. Dan ternyata saat diformat-pun, Flashdisk juga tidak akan bisa ter-format. Mengenai permasalah tersebut, tentunya anda pasti bingung dan pusing tujuh keliling. Ada cara yang bisa anda lakukan supaya flashdisk bisa normal kembali. Lebih jelasnya, langsung saja anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Memperbaiki Flashdisk Write Protected

  1. Langkah pertama, colokkan Flashdisk anda ke Port USB komputer atau Laptop.
  2. Klik Start » Run » kemudian ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik), lalu tekan tombol enter. Kemudian nantinya akan muncul kotak dialog “Registry Editor”.
  3. Selanjutnya anda tekan “Ctrl+F” » Ketik “Write Protected” » Klik “Find Next”. Apabila telah ditemukan “Write Protected” » Klik Kanan » Pilih “Delete” » Pilih “YES”.
  4. Tutup Program “Registry Editor”. Kemudian Eject dan Flashdisk anda. Restart komputer atau laptop anda.
  5. Selesai.

Metode 3 : Format Flashdisk Dengan HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool merupakan aplikasi Windows gratis yang difungsikan untuk mem-format Flahdisk error yang tidak bisa diformat. Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa mencari – cari di Google. Untuk tutorialnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatasi USB Flashdisk Sulit Diformat

  1. Pertama, Colokkan Flashdisk anda ke Komputer. Kemudian buka aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool yang telah anda unduh.
  2. Pilih FAT32, kemudian centang “Quick Format” » Dan klik “Start”. Tunggu sampai proses format selesai.
  3. Selesai.

Metode 4 : Format Flashdisk Dengan HDDGURU Low Level Format

HDDGURU Low Level Format merupakan aplikasi yang bisa membantu anda dalam memformat segala jenis flashdisk yang memang sudah error atau tidak bisa diformat. Sebenarnya aplikasi ini berbayar, namun anda tenang saja, karena anda bisa dengan mudah mencari dan mendapatkan aplikasi ini secara gratis dari Google. Untuk tutorialnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Memperbaiki Flashdisk Tidak Bisa Diformat

  1. Pertama, install program tersebut pada Komputer atau Laptop yang anda miliki. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan pilih Flashdisk yang telah anda colokkan. Klik “Continue” untuk melanjutkan.
  2. Klik pada bagian tab “Low-Level-Format” kemudian langsung saja klik “Format This Device”. Tunggu sampai proses format Flashdisk selesai.
  3. Selesai.

Itulah beberapa metode yang bisa anda lakukan dalam Mengatasi Dan Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat. Untuk cara lainnya, anda bisa mengatur dan memperbaiki Flashdisk dengan OS Linux. Linux mungkin bisa menjadi cara terbaik dalam memperbaiki flashdisk yang rusak dan error.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here