Cara Cek Spesifikasi Laptop

Dianisa.com – Cara Cek Spesifikasi Hardware PC atau Laptop, Baik itu RAM, CPU, GPU, dan lainnya. Spesifikasi pada #Laptop dan Komputer biasanya ada pada Dus/ Box laptop itu sendiri. Terkadang ada juga detail Spesifikasi pada Sticker yang di tempelkan pada pojok keyboard Laptop, namun Sticker semacam itu tidak semua laptop memilikinya. Hanya beberapa laptop tertentu yang terpasang Sticker seperti Acer, Lenovo, dan Toshiba.

Baca Juga:

Bagi anda yang ingin mengetahui Cara Melihat Spesifikasi Pada Laptop Dan Komputer, anda tidak perlu harus mencari box atau dus dari laptop itu sendiri. Pada dasarnya, anda bisa secara langsung cek Spesifikasi melalui laptop itu sendiri. Untuk melakukannya, ada yang manual tanpa aplikasi dan ada juga yang membutuhkan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Spesifikasi Hardware Pada Laptop dan Komputer

Untuk Melihat Spesifikasi Pada Komputer Dan Laptop biasanya berbeda – beda, tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. Untuk anda yang menggunakan Laptop dengan sistem operasi Windows XP atau 7 jelas akan berbeda cara dengan yang menggunakan Windows 8.1 dan 10, begitupun sebaliknya. Untuk lebih jelasnya, mengenai cara cek spesifikasi laptop seperti apa, silahkan anda simak metodenya berikut ini.

Metode 1 : Cek Spesifikasi Laptop Tanpa Sofware Tambahan

Untuk metode pertama yang akan saya berikan yakni melihat spesifikasi komputer tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Anda bisa melakukan cara ini dengan mudah dan cepat, namun setiap sistem operasi akan sedikit berbeda caranya. Kali ini saya akan memberikan metode pada sistem operasi Windows XP, 7, 8.1, dan juga 10. Langsung saja anda simak metodenya dibawah ini.

  • Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1 dan 10, anda bisa langsung menuju pada menu Settings » System, dan klik “About”. Pada bagian tersebut anda bisa melihat detail spesifikasi CPU, RAM, dan juga versi Windows yang kamu gunakan.
  • Sedangkan untuk anda yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP dan 7, anda bisa cek Spesifikasi melalui klik kanan pada My Computer dan pilih Properties atau System Properties di Windows XP. Dan Pada bagian tersebut, anda bisa melihat spesifikasi Processor, RAM, dan versi Windows yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Windows 32-bit, RAM maksimal yang bisa ditampikan hanya bisa dibawah 4 GB saja. Jika anda menggunakan Laptop dengan RAM diatas 4 GB, alangkah baiknya menggunakan Windows 64-bit agar performa lebih optimal.

  • Selain menggunakan kedua cara diatas, anda juga bisa melakukannya dengan cara lain yang tentunya hasil akan lebih lengkap dan detail. Klik Start » RUN, kemudian ketikkan dxdiag, dan secara otomatis akan tampil semua spesifikasi pada Laptop yang anda miliki. Untuk melihat spesifikasi GPU atau VGA onboard, anda bisa klik pada tab “Display”.

Metode 2 : Cek Spesifikasi Dengan Aplikasi Speccy

Jika cara metode diatas kurang detail menurut anda, anda bisa gunakan aplikasi Speccy untuk melihat spesifikasi pada laptop ataupun komputer. Speccy di cancang khusus untuk melihat secara detail mengenai semua hardware yang ada pada komputer, baik itu RAM, CPU, Motherboar, Graphic Card, Sistem Operasi, Media penyimpanan, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan aplikasi Speccy, anda bisa simak ulasannya dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi PC atau Komputer

  1. Langkah pertama, anda unduh terlebih dahulu aplikasi Speccy. Untuk mendapatkan Aplikasi Speccy, anda bisa mencarinya sendiri di #Google dengan kata kunci “Speccy”. Saya yakin pasti ketemu dan anda bisa mengunduhnya sendiri.
  2. Setelah anda berhasil mengunduh, anda bisa install Aplikasi tersebut sesuai dengan petunjuk aplikasi Speccy.
  3. Buka aplikasi Speccy, dan tunggu saat Speccy melakukan scanning pada semua hardware laptop atau komputer anda. dan dari situlah anda bisa melihat semua spesifikasi laptop yang anda miliki, baik itu RAM, CPU, Motherboar, Graphic Card, Sistem Operasi, Media penyimpanan, dan lainnya yang masih banyak lagi.
  4. Selesai.

Kesimpulan,

Ada dua metode yang bisa anda lakukan, silahkan pilih metode sesuai keinginan anda. Intinya tetap sama, namun untuk hasil yang lebih detail memang lebih baik menginstall aplikasi Speccy. Mengapa? Karena informasi yang diberikan lebih detail dibandingkan hanya menggunakan cara biasa tanpa aplikasi tambahan.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Cek Spesifikasi Pada Laptop Dan Komputer Windows XP, 7, 8.1, 10, Dan Seterusnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai metode cek spesifikasi diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here