Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Smartfren Andromax G2

Dianisa.com – Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Smartfren Andromax G2 AD681H. Terkadang masalah error pada aplikasi bertuliskan Sayangnya, Aplikasi Telah Berhentiatau “Unfortunately, Apps Has Stopped” sangat merepotkan pada pengguna Smartphone Android, khususnya pengguna Smartfren Andromax G2 AD681H. Yap, saya pernah mengalaminya sendiri pada perangkat Smartfren yang saya miliki. Dan jalan terakhir yang bisa saya lakukan yakni dengan Flashing ulang melalui menu Recovery Mode.

Baca Juga :

Aplikasi Telah Berhenti di Andromax G2

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi Pesan Error Aplikasi Telah Berhenti di HP Smartfren Andromax G2 AD681H. Perlu anda ketahui, penyebab mengenai masalah pesan error tersebut bisa bermacam – macam, bisa karena tumpukan file cache, Memori RAM penuh, Virus, atau bisa juga karena kerusakan pada sistem Android itu sendiri. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan anda coba dengan beberapa metode berikut ini.

1. Bersihkan File Cache Aplikasi

Untuk metode yang pertama, anda bisa mencoba untuk membersihkan file sampah pada aplikasi yang bermasalah tersebut. Dengan membersihkan file cache, biasanya andromax akan serasa lebih baik dan bisa normal kembali. Anda bisa membersihkan file cache secara manual atau anda bisa gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file cache lebih cepat dan maksimal. Dan untuk membersihkan file cache di Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Cache Aplikasi di Smartfren Andromax G2 AD681H

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » Cari “NAMA APLIKASI” » Kemudian anda tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Dan untuk metode yang kedua, anda bisa mencoba untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi. Dari pengalaman saya, kebanyakan kasus masalah pesan error akan teratasi dengan cara menghentikan dan menghapus data aplikasi. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data yang bersifat sementara pada aplikasi seperti basis data, data login, history, file cache, bookmark, dan lainnya. Dan untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi di HP Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data Aplikasi di Smartfren Andromax G2 AD681H

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » Cari “NAMA APLIKASI” » Kemudian anda tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Install Ulang Aplikasi

Dan untuk metode yang ketiga, anda bisa mencoba untuk Install Ulang Aplikasi. Tapi untuk install ulang aplikasi tidak berlaku untuk aplikasi bawaan atau bloatware. Karena aplikasi bawaan tidak bisa dihapus dan diganti dengan yang baru. Untuk mendapatkan aplikasi yang lebih fresh atau baru plus legal, anda bisa mengunduh langsung melalui Google Play Store. Dan untuk mencopot Aplikasi di Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Uninstall Aplikasi di Smartfren Andromax G2 AD681H

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » Cari “NAMA APLIKASI” » Kemudian anda tap “Copot Pemasangan”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Update Sistem Android

Dan untuk yang keempat, anda bisa mencoba untuk update Sistem Android ke versi terbaru. Dengan melakukan Update, semoga nantinya semua bugs atau kerusakan yang terjadi pada perangkat Smartfren Andromax G2 AD681H bisa teratasi dengan baik dan benar. Lebihnya lagi, sistem android anda akan meningkat ke beberapa level ke atas. Semua aplikasi dan fitur akan di update ke versi yang lebih baik lagi. Agar lebih maksimal, pastikan smartphone anda terhubung ke Jaringan WiFi. Tapi jika tidak memungkinkan, menggunakan paket Data juga tidak masalah. Dan untuk update sistem di Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Update Sistem Android Dari Smartfren Andromax G2 AD681H

  • Buka menu Pengaturan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » Kemudian tap “Memeriksa Untuk Pembaruan”. Ikuti petunjuk update berikutnya sampai proses download dan upgrade selesai dan berhasil.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Hard Reset/ Factory Reset

Dan untuk yang kelima, anda bisa mencoba untuk melakukan #Factory Reset/ Hard Reset. Untuk Factory reset, anda bisa mencobanya langsung melalui Pengaturan Smartfren Andromax G2 AD681H. Resiko dalam melakukan Factory Reset tentu saja semua data akan hilang karena pengaturan Smartfren Andromax G2 AD681H kembali pada posisi pabrikan atau awal. Adapun jika anda tertarik untuk melakukan Factory Reset Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Factory Reset Smartfren Andromax G2 AD681H

  • Masuk pada menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembali Ke Setelan Pabrik » Setel Ulang Telepon. Selanjutnya, anda lakukan konfirmasi dengan memilih “Hapus Semua”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Smartfren Andromax G2 AD681H. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Adapun jika anda ingin mencoba metode Hard Reset Melalui Menu Recovery Mode Smartfren Andromax G2 AD681H, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Sebelumnya, pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan Hard Reset Andromax G2 AD681H.
  2. Untuk masuk menu Recovery Mode (Android Sytem Recovery), anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Smartfren. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol tersebut dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode Smartfren Andromax G2 AD681H.
  3. Untuk Hard Reset, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “Yes – Delete All User Data”. Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume untuk Navigasi.
  4. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai. Jika sudah, anda bisa mencoba restart atau reboot HP Andromax G2 AD681H yang anda miliki tersebut.
  5. Selesai

Dengan mencoba metode Factory Reset atau Hard Reset diatas, semoga semua permasalah yang terjadi pada perangkat Andromax G2 AD681H bisa teratasi dengan baik.

6. Flashing Andromax G2

Dan untuk metode yang keenam, anda bisa mencoba untuk melakukan Flashing Atau Install Ulang Sistem Android Dari Smartfren Andromax G2 AD681H. Cara ini saya rasa akan terbilang cukup ribet dan membingungkan. Sebelumnya, pastikan anda telah menyediakan stock ROM atau Firmware dari Smartfren Andromax G2 AD681H. Selain itu, pastikan juga anda memiliki tambahan recovery untuk melakukan Flashing. Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan flashing berikut ini.

DOWNLOAD BAHAN – BAHAN :

Khususnya untuk file tambahan TambahanRecovery.zip, anda bisa melakukan ekstrak pada SD Card atau Kartu Memori yang sebelumnya sudah di format. Sehingga nantinya di memori card terkadang tiga file, yaitu :

  • NIX7_AD681H-Kitkat.zip
  • !ad681h!.l
  • #ad681h#.d

LANGKAH – LANGKAH FLASHING ANDROMAX G2 AD681H

  1. Langkah pertama, pastikan ponsel Andromax G2 AD681H dalam keadaan Off atau Mati. Dan pastikan juga baterai smartfren anda berisi 50%.
  2. Selanjutnya untuk masuk Menu Recovery Mode, anda tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan sampai nantinya muncul logo Andromax. Setelah itu, anda lepaskan kedua tombol tersebut dan nantinya anda akan masuk pada Menu Recovery Mode. Gunakan tombol volume untuk pindah menu dan tombol power untuk memilih.
  3. Setelah masuk menu recovery Mode, anda bisa pilih “Wipe Data/Factory Reset”. Kemudian pilih lagi “Yes–Delete All User Data”. Tunggu sampai proses reset selesai.
  4. Kemudian anda pilih lagi “Wipe Cache Partition”. Tunggu sampai proses Wipe Cache Partition selesai.
  5. Selanjutnya untuk flashing, anda pilih “Apply Update From Sdcard”. Kemudian anda pilih Firmware yang tadinya telah anda copy kan ke SD Card : NIX7_AD681H-Kitkat.zip
  6. Kemudian anda tunggu proses instalasi Firmware Andromax G2 sampai selesai dan berhasil 100%.
  7. Jika sudah selesai, anda bisa reboot ponsel Andromax G2 anda. Aktifkan WiFi untuk membuat akun Gmail dan seterusnya. Cukup Mudah bukan!
  8. Selesai.

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga semua permasalahan yang terjadi pada perangkat Smartfren Andromax G2 AD681H bisa teratasi dengan baik. Dan masalah – masalah mengenai munculnya pesan error tidak kembali terjadi. Apabila anda mengalami masalah di saat ingin melakukan metode – metode diatas, silahkan anda tanyakan melalui kolom komentar.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di HP Smartfren Andromax G2 AD681H, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai permasalah yang terjadi pada HP Smartfren Andromax G2 AD681H, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here