Aplikasi Islam Android
Sumber Image : Magna Polonia

Dianisa.com – Daftar Aplikasi Belajar Agama Islam Untuk Anak Kecil. Smartphone merupakan perangkat teknologi yang dapat digunakan oleh Orang Tua sebagai media pembelajaran anak yang seru dan menyenangkan. Teknologi bisa berdampak buruk bagi anak apabila tidak ada panduan dan pengawasan, namun teknologi juga bisa bermanfaat untuk anak apabila ada panduan dan bimbingan dari orang tua itu sendiri. Salah satu hal yang menarik untuk di coba adalah mengajari anak dalam hal agama.

Baca Juga :

Dari pada Smartphone digunakan oleh anak sebagai media bermain game, alangkah lebih baiknya menggunakan smartphone sebagai media untuk belajar agama islam, mulai dari tata cara wudhu, sholat, mengaji/ membaca qur’an, mendengarkan tilawah/ murrotall, belajar menghafal qur’an, dan lainnya. hal semacam itu tentu akan sangat bermanfaat untuk perkembangan anak dari usia 4 tahun ke atas.

Google Play Store menyediakan berbagai aplikasi yang menarik dan seru. Salah satu aplikasi penting dan wajib untuk di Install pada Smartphone Android anda adalah aplikasi islami sebagai media pembelajaran anak.

Daftar Aplikasi Islam Untuk Belajar Anak

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa aplikasi Islam Android yang bisa anda manfaatkan untuk media pembelajaran anak mudah dan cepat. Aplikasi yang akan saya reviews saya ambil dari Google Play Store secara langsung. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak aplikasinya berikut ini.

1. Panduan Wudhu dan Tayamum

Panduan Wudhu dan Tayamum adalah aplikasi pertama yang bisa saya rekomendasikan sebagai bimbingan untuk anda anda. Dengan aplikasi ini, seorang anak bisa belajar berwudhu baik menggunakan air ataupun bertayamum sesuai dengan sunnah yang nabi ajarkan. Dilengkapi pula dengan tulisan arab dan latin supaya anak bisa lebih paham mengenai cara berwudhu. Pengawasan dan bimbingan orang tua tetap menjadi prioritas utama dalam menggunakan aplikasi apapun, maka dari itu jangan sampai anda meninggalkan anak anda saat sedang mengajari cara berwudhu.

Download Panduan Wudhu dan Tayamum Via Google Play Store

2. Tuntunan Sholat Lengkap

Aplikasi islam berikutnya yakni Tuntunan Sholat Lengkap yang dikembangkan oleh Bakekok Publisher Team. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengajari anak kecil dalam belajar sholat sesuai dengan sunnah atau sesuai tuntunan dari Nabi Muhammad SAW. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Hadist Sholat, Dzikir dan berbagai kumpulan doa pendek. Tidak hanya itu saja, pada aplikasi ini terdapat juga tuntunan wudhu yang mudah di pahami dan cocok digunakan sebagai media pembelajaran ibadah.

Tidak hanya untuk anak kecil saja, aplikasi ini juga baik untuk orang dewasa dari usia berapapun. Pengawasan tetap harus anda lakukan saat mengajari anak dengan aplikasi yang satu ini.

Download Tuntunan Sholat Lengkap Via Google Play Store

Baca Juga :

3. Marbel Belajar Mengaji

Marbel Belajar Mengaji merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta, belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya (Fathah, Dummah, Kasroh), serta belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin (Fathah Tanwin, Dummah Tanwin, Kasroh Tanwin). Bersama Marbel Belajar Mengaji, anak-anak bisa belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja. Setelah mereka selesai belajar mengaji, ada berbagai macam permainan seru menanti mereka. Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji.

Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan Gambar + Sound Narasi + Animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. Selanjutnya, mereka bisa mengasah kemampuan melalui permainan edukasi yang disediakan. Jika sudah familiar dengan iqro dan tajweed, maka belajar mengaji menggunakan aplikasi ini juga akan terasa lebih mudah.

Download Marbel Belajar Mengaji Via Google Play Store

4. Belajar Menulis Hijaiyah

Belajar Menulis Hijaiyah
Sumber Image : Play Store

Belajar Menulis Hijaiyah merupakan salah satu aplikasi yang akan membantu anak-anak dalam belajar menulis huruf hijaiyah yang dikenal juga sebagai huruf arab. Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini diantaranya adalah :

  • Animasi cara menulis.
  • Pilihan warna tulisan.
  • Terdapat gambar objek sesuai dengan huruf yang sedang dipelajari.
  • Terdapat terjemahan dalam bahasa indonesia dari gambar yang muncul.
  • Berbagi ke facebook.

Download Belajar Menulis Hijaiyah Via Google Play Store

6. IQRO Digital Lengkap

Selain anda belajar mengaji menggunakan aplikasi Marbel Belajar Mengaji dan Belajar Menulis Hijaiyah, anda juga bisa menggunakan aplikasi IQRO Digital sebagai bantuan anak yang lebih lengkap dan sempurna. Sebenarnya aplikasi ini sama seperti buku IQRO biasa, tapi untuk yang ini dirangkum dalam bentuk Digital Smartphone dan tablet, sehingga anak lebih tertarik dalam belajar mengaji melalui metode digital.

Metode Iqro ‘adalah metode membaca Al-Qur’an yang menekankan latihan membaca langsung. Buku pedoman Iqro ‘terdiri dari 6 jilid pada awal tingkat sederhana, langkah demi langkah untuk tingkat sempurna.

Metode Iqro ‘dalam prakteknya tidak membutuhkan berbagai macam alat, seperti ditekankan dalam membaca (membaca surat Al Qur’an dengan fasih). Membaca langsung tanpa dieja. Yang diperkenalkan dengan nama-nama huruf hijaiyah dengan siswa aktif belajar (CBSA) dan lebih individual. Tertarik mencoba, unduh IQRO Digital melalui Google Play Store secara gratis.

Download IQRO Digital Lengkap Via Google Play Store

Baca Juga :

7. 200+ Kisah Sahabat Nabi

200+ Kisah Sahabat Nabi
Sumber Image : Play Store

200 Kisah sahabat nabi bisa menjadi bahan cerita dan history luar biasa untuk tumbuh kembang anak kecil. Ini bisa menjadi cerita dan history yang menarik karena sahabat – sahabat nabi tentunya sangat dekat sekali dalam kehidupan nabi. Terlebih lagi Sahabat juga selalu membantu dalam dalam berdakwah menyebarkan ajaran agama islam yang dibawanya.

Sahabat Nabi, dari kata shahabah (ash-shahaabah) adalah mereka yang mengenal dan melihat langsung Nabi Muhammad SAW, membantu perjuangannya dan meninggal dalam keadaan Islam. Kebanyakan muslim mendefinisikan para sahabat sebagai mereka yang mengenal Nabi Muhammad SAW, mempercayai ajarannya, dan meninggal dalam keadaan Islam. Para sahabat utama yang biasanya disebutkan hingga 50 sampai 60 nama, yakni mereka yang sangat dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Sahabat disebut pula murid Nabi Muhammad.

Identifikasi terhadap sahabat nabi, termasuk status dan tingkatannya merupakan hal yang penting dalam dunia Islam karena dapat digunakan untuk mengevaluasi keabsahan suatu hadits maupun perbuatan Nabi yang diriwayatkan oleh mereka.

Download 200+ Kisah Sahabat Nabi Via Google Play Store

8. Quran Companion-Ramadan 2016

Quran Companion adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu anak – anak dalam menghafal al-qur’an. Aplikasi ini dapat memudahkan anak – anak atau bisa juga untuk orang dewasa dalam menghafal Qur’an. Dilengkapi pula dengan Audio Murottal dari Syekh ternama yang tentunya bisa menjadi pelengkap dalam menghafal al-Qur’an.

Download Quran Companion Via Google Play Store

9. Murottal Qur’an

Rekomendasi aplikasi terakhir yakni aplikasi Murottal Qur’an. Sebenarnya ada 2 aplikasi yang saya berikan yakni dari Maghfirah M Hussein Murottal dan Murottal Merdu Abu Usamah. Suaranya yang merdu membuat hati lebih adem dan teduh. Ini bisa menjadi kebiasaan anak kecil dalam mendengarkan murottal. Dari pada mendengarkan musik, alangkah lebih baiknya mendengarkan murottal.

Download Maghfirah M Hussein Murottal Via Google Play Store

Download Murottal Merdu Abu Usamah Via Google Play Store

Baca Juga :

Itulah rekomendasi Beberapa Aplikasi Islam Sebagai Media Belajar Anak. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here