6 Fitur Keren Google Chrome Android Yang Jarang Dipakai

0
470

Dianisa.comTips Rahasia Google Chrome di Smartphone Android Yang Jarang Dipakai. Google Chrome adalah salah satu aplikasi browser android terbaik dengan tampilan simple namun cepat. Salah satu aplikasi miliki Google.Inc ini menjadi andalan bagi para pengguna smartphone android.

Baca Juga :

Kekurangan google chome memang pada bagian Memori. Pasalnya saat digunakan untuk browsing aplikasi ini menguras RAM Android, sehingga para pengguna smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil beralih menggunakan aplikasi browser lainnya.

Seperti misalnya apabila smartphone berkapasitas 512 MB pasti terasa berat apabila membuka Google Chrome dibarengi dengan membuka BBM, Line, dan Whatsapp. Tapi kalau menggunakan UC browser yang lebih ringan dan cepat tentunya tidak akan terasa berat dan lemot.

Tapi dibalik itu semua, para pengguna android tidak tahu bahwa ada fitur rahasia yang sangat keren namun jarang digunakan. ada 6 fitur rahasia yang membuat anda terkagung – kagung lagi dengan Google Chrome. Apa saja fitur rahasia dari Google Chrome Android? Simak ulasannya berikut ini.

1. Geser Ke Kanan Untuk Pindah Tab

Mungkin anda berfikir bahwa tab hanya bisa diklik, tapi tidak untuk Google Chrome Android. Jika anda perhatikan, Google Chrome di komputer bisa mencapai puluhan tab, dan anda dengan mudah bisa klik tab – tab sesuai keinginan anda. Sedangkan untuk android jika anda klik tab antara satu dengan lainnya pasti repot dan ribet. Mengapa? Karena layar android berukuran kecil.

Dengan Google Chrome anda bisa dengan mudah berpindah tab hanya dengan menggeser ke kanan, coba kalau tidak percaya. Dengan cara ini, anda bisa menghemat waktu dan ngk ribet harus klik sana sini. Tapi fitur ini ada pada Google Chrome versi terbaru. Jadi untuk versi lama mungkin belum bisa.

2. Akses Penuh ke Google Flags

Google Flags adalah salah satu fitur rahasia yang ada pada Google Chrome. Dengan fitur ini pengguna android bisa memaksimalkan kinerja Google Chrome untuk bekerja lebih cepat dan lebih ringan. Fitur ini memang sangat keren, tapi hanya bisa dijalankan bagi para pengguna android yang tahu tentang pengaturan Google Chrome secara menyeluruh.

Dengan mengetik chrome://flags di address bar maka anda akan masuk ke tampilan Google flags. Dari tampilan tersebut anda bisa setting mulai dari smooth scrolling, default downloader, dan lain-lain. Apabila anda ingin setting Google Flags agar dapat bekerja lebih maksimal, anda bisa mencari tutorialnya di Google, pasti banyak.

3. Dapat Sync Bookmark

Sinkronisasi adalah salah satu fitur backup bookmark yang ada pada aplikasi Google Chrome, baik di android ataupun komputer. Apa fungsi Sinkronisasi? Fungsinya saat anda browsing di Google Chrome komputer, anda bisa hubungkan ke Google Chrome Android. Artinya setiap URL yang anda bookmark akan masuk ke akun Sinkronisasi. Jadi walaupun anda melakukan Bookmark pada komputer maka di Android tetap akan muncul. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Bagaimana Cara Sync Bookmark Di Android?

Anda harus punya akun Gmail aktif, log in pada Google Chrome Android dan Google Chrome komputer. Untuk bisa bertukar riwayat dan boomark, anda bisa setting dibagian URL => pilih Recent Tab => pilih Sync.

4. Bisa Hemat Kuota Internet

Kebayang rasanya apabila kuota internet abis? Susah, galau, dan sedih. Yang paling boros kuota saat sedang meload gambar, unduh gambar, animasi, dan streaming video. Memang seru tapi membuat kuota jebol.

Jangan khawatir, dengan Google Chrome anda bisa menghematnya. Google Chrome memiliki fitur yang dapat menghemat kuota internet, fitu ini di namakan “Data Saver”. Bagaimana cara settingnya? Masuk pada menu Settings – Pengelolaan Bandwith. Kemudian dari menu tersebut anda bisa atur data sesuai keinginan anda.

Fitur ini bekerja saat anda sedang browsing di internet. Jadi saat anda membuka laman, Google akan mengkompress laman tersebut dan barulah masuk ke Android anda, sehingga kuota yang dibutuhkan jauh lebih sedikit.

Baca Juga :

5. Buat Performa Google Chrome Cepat dan Ringan

Jangan khawatir masalah Google Chrome yang lelet, anda bisa mengaturnya agar lebih cepat dan tidak berat. Tak perlu panjang lebar, mask saja pada fitur Google Flags dengan cara mengetikkan perintah Chrome://Flags => Pilih Menu => Pilih Find in Page => ketik “Maximum”. Anda bisa atur penggunaan RAM Android hingga 64 MB. Dengan cara tersebut dijamin Google Chrome anda pasti jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Tapi sebaiknya anda tidak perlu membuka aplikasi lainnya agar Android tidak terasa berat. Untuk smartphone android dengan RAM berkapasitas besar diatas 1 GB tidak masalah jika ingin membuka aplikasi lain.

6. Bermain Game Dinosaurus

Koneksi internet anda lagi putus, ngak ada kerjaan? Jangan khawatir, Google Chrome dapat menghilangkan kebosanan anda. Bermain game lah dengan dinosaurus Google Chrome saat internet anda sedang Offline.

Bagaimana Caranya?

Tap saja gambar dinosaurus tersebut, dan rintangan demi rintangan harus bisa anda lewati. Loncati gambar kaktus yang ada pada google chrome tersebut. Nah, dengan begitu rasa suntuk anda hilang karena bermain game dinosaurus Google.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Fitur Rahasia Google Chrome Android, semoga bisa bermanfaat. Tulis pendapat anda mengenai artikel diatas melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Sumber Referensi : JalanTikus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here