Aplikasi Android Untuk Bulan Ramadhan

Dianisa.com – Daftar Aplikasi Android Terbaik Untuk Umat Muslim (Islam) Jalankan Ibadah. Tidak terasa kita telah masuk pada bulan yang penuh berkah yakni bulan Ramadhan. Di bulan yang spesial ini umat muslim di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Baca Juga :

Pada umumnya bulan ramadhan selalu di tunggu – tunggu oleh umat muslim. Mengapa? Karena nikmat bulan ramadhan jauh lebih baik dibanding bulan – bulan lainnya. Orang – orang selalu berbondong – bondong untuk terus meningkatkan ibadahnya, mulai dari membaca al – Qur’an, Sholat, mendalami ilmu agamanya, mendengarkan tausiah, mengerjakan sunnah rosul, dll. Semua itu dilakukan demi mendekatkan diri kita kepada sang pencipta.

Namun tak jarang dibulan yang penuh berkah ini banyak orang masih disibukkan dengan masalah dunia. Tuntutan pekerjaan yang harus full sehari penuh membuat orang sulit untuk melaksanakan ibadah lain selain menahan lapar dan dahaga. Tapi jangan khawatir, dengan smartphone android anda bisa memanfaatkan sedikit waktu luang anda untuk belajar agama, mengaji, dan membuat pahala.

Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Agama Islam

Di era yang canggih sekarang ini, tidak ada halangan untuk terus belajar agama. Bahkan semakin canggih teknologi maka akan semakin mudah pula kita mendapatkan informasi dan berbagi informasi tentang agama islam. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa aplikasi penting yang bisa anda manfaatkan untuk menjalankan ibadah puasa agar tetap lancar dan optimal, simak ulasannya berikut ini.

1. Muslim Pro

Muslim Pro Waktu Sholat Quran
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi aplikasi muslim pertama bernama Muslim Pro. Aplikasi ini terbilang sangat populer di kalangan umat muslim, lebih dari 25 juta umat muslim di seluruh dunia telah mengunduh dan menginstall aplikasi ini. Terbukti, mereka sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi ini, terutama pada Negara – Negara eropa.

Fitur dari aplikasi Muslim Pro sangat banyak dan berlimpah. Pengguna dapat mengetahui arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal, Masjid, dll. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur Al – Qur’an lengkap dengan terjemahannya dari Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Deutsch, English, Español, Français, Italiano, Nederlands, Português, Türkçe, العربية, اردو, русский, 简体中文, 日本語, ภาษาไทย. Lebih jelasnya, silahkan anda kutip sendiri melalui Google Play Store.

Fitur Utama Muslim Pro :

  • Waktu sholat : Dihitung dari berdasarkan dari lokasi Anda saat itu juga.
  • Adzan : Pemberitahuan visual dan audio untuk panggilan sholat dengan beberapa suara muadzin yang dapat dipilih.
  • Waktu berpuasa : (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan.
  • Al-Qur’an : dengan resitasi audio (mp3), fonetik, dan terjemahan.
  • “Tasbih” digital untuk menghitung zikir Anda.
  • Lokasi rumah makan halal dan masjid di sekitar Anda.
  • Animasi kompas Kiblat dan peta untuk menunjukkan arah Mekkah.
  • Kalender Hijriyah lengkap : untuk memperkirakan tanggal hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.
  • 99 nama Allah SWT.
  • Kartu ucapan Islami yang indah (Idul Fitri, Ramadan, dll…).
  • Hisn’ul Muslim (Perisai seorang Muslim): kumpulan doa dan permohonan.
  • Aplikasi dan Quran sepenuhnya diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Deutsch, English, Español, Français, Italiano, Nederlands, Português, Türkçe, العربية, اردو, русский, 简体中文, 日本語, ภาษาไทย.

Download Muslim Pro Via Google Play Store

2. Quran for Android

Jika anda tidak mau dengan aplikasi pertama, anda bisa coba dengan aplikasi kedua bernama Quran for Android yang dikembangkan quran.com. Aplikasi ini juga sangat terkenal, banyak juga umat muslim di dunia yang telah menginstallnya. Fiturnya sangat lengkap, terdapat bookmark, serta tersedia banyak versi terjemahan dari beberapa bahasa penting di dunia, terutama Indonesia.

Sedikitnya, ada sekitar 20 jenis bahasa terjemahan dengan arab dan font yang jelas. Selain itu, tersedia pula dengan Lebih dari 15 tilawah audio yang dapat membuat hati anda teduh dengan suara – suara indah oleh para hafiz terbaik dunia. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.

Fitur Utama Quran for Android :

  • Bookmark, tagging, dan berbagi.
  • Tersedia lebih dari 15 tilawah audio kuno dengan menyoroti dukungan.
  • Pencarian.
  • Mode malam.
  • Ulangi audio yang disesuaikan.
  • Terjemahan / tafsir dalam lebih dari 20 bahasa yang berbeda, terus berkembang.
  • Dll.

Download Quran for Android Via Google Play Store

Baca Juga :

3. Evaluasi Ibadah

Aplikasi berikutnya yakni Evaluasi Ibadah besutan dari developers Badr Interactive. Dengan adanya aplikasi Evaluasi Ibadah, anda bisa mencatat semua ibadah yang anda lakukan dalam satu hari sampai satu bulan atau satu tahun penuh.

Aplikasi ini bukan untuk menyombongkan diri (Riya’) atau mecatat pahala, melainkan untuk mengevalusi diri kita seberapa mampu diri kita melaksanakan semua perintah dan larangan yang Allah berikan. Seperti misalnya anda sholat Subuh di masjid, seberapa kuat anda bisa sholat subuh dimasjid, bisakan dalam 30 atau 40 hari anda tidak pernah kosong. Nah, dari sinilah anda bisa mengevaluasi ibadah anda sendiri.

Download Evaluasi Ibadah Via Google Play Store

4. Hadits Arba’in

Hadits Arba'in
Sumber Image : Play Store

Selain Al – Qur’an, Hadits atau sabda nabi Muhammad SAW juga sangat penting karena dari situlah anda bisa melihat semua sunnah – sunnah yang rosul kerjakan. Hadits Arba’in adalah aplikasi dari kumpulan 40 Hadits paling utama (Hadits Arba’in Imam Nawawi) yang sangat penting.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Mutiara dan Intisari dari masing-masing Hadits. sangat membantu anda untuk memahami setiap nilai dan ajaran dalam sebuah Hadits. Lebih detailnya, silahkan anda simak langsung melalui Google Play Store.

Download Hadits Arba’in Via Google Play Store

5. Doa Doa Harian Sesuai Sunnah

Agar doa anda dihijabahi oleh Allah SWT, alangkah lebih baiknya memang mengikuti doa yang dilakukan oleh Rosullulah SAW. Setiap orang memang memiliki keinginan dan doa yang berbeda – beda, tergantung dengan apa yang diinginkannya. Namun, dalam masalah sunnah, ada juga doa – doa tertentu yang termasuk doa terbaik yang dilakukan oleh Rosullulah SAW.

Aplikasi Doa Doa Harian Sesuai Sunnah besutan dari FirZil Tech sangat bermanfaat untuk seluruh umat muslim di dunia, terutama Indonesia. Semua doa yang ada pada aplikasi ini sudah diteliti keShahihannya. Doa disertai dengan Text Arab, Text Latin, Terjemah Doa, Suara Pembaca Doa (Audio), serta di lengkapi pula dengan sumber hadist.

Download Doa Doa Harian Sesuai Sunnah Via Google Play Store

6. Panduan Ramadhan & Tarawih

Di bulan puasa, memang lebih pas untuk menginstall aplikasi Panduan Ramadhan & tarawih. Semua hal yang berhubungan dengan Ramadan dan tarawih ada pada aplikasi ini.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.”

Download Panduan Ramadhan & Tarawih Via Google Play Store

Baca Juga :

Itulah Beberapa Aplikasi Android Yang Dapat Anda Gunakan Selama Kita Hidup Di Dunia, tidak hanya pada bulan puasa tetapi pada 11 bulan lainnya juga. Manfaatkan teknologi sebagai ajang untuk terus memperbaiki diri dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga dengan adanya aplikasi diatas, bisa membantu anda dalam menjalankan kewajiban di dunia.

SIAPKAN BEKAL UNTUK BERTEMU PADA SANG PENCIPTA NANTINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here