5 Cara Mengatasi Memori Card (Micro SD) Tidak Terbaca di Android

1
1386

Dianisa.comTips Cara Mengatasi Memori Card (Micro SD) Android Tidak Terbaca. Kenapa Memori card android saya tidak terbaca, apa sudah tidak layak pakai? Memori card android yang tidak terbaca memang terkadang membuat pengguna android merasa kesal dan kedih. Karena banyak data – data penting pastinya tersimpan di memori card tersebut mulai dari foto, video, musik, dokumen, aplikasi, serta file – file penting lainnya.

Baca Juga :

Yang paling menyedihkan bagi para pengguna android yakni jika seseorang telah menginstall berbagai aplikasi penting seperti BBM, Whatsapp, facebook, dan Instagram di memori card lalu tiba – tiba memori card tidak terbaca maka secara otomatis semua aplikasi yang terinstall pasti tidak bisa di buka.

Penyebab Memori Card Tidak Terbaca di Android

Tidak ada penyebab yang pasti kenapa memori card tidak bisa terbaca. Tapi dari pengalaman beberapa pengguna android mereka mengatakan mungkin karena umur memori card yang sudah tua atau sudah tidak layak pakai. Maklum jika memori card tersebut terjadi kerusakan. Untuk lebih jelasnya seperti apa penyebab dari memori card tidak terbaca di Android, berikut beberapa ulasan mengenai penyebab rusaknya memori card (Micro SD).

1. Umur Memori Sudah Tua

Umur memori card yang sudah tua dan usah bisa menjadi penyebab kenapa memori card tidak terbaca di Android. Jika memori card android berumur lebih dari 5 tahun terkadang bisa terjadi kerusakan, karena setiap jenis memori card memiki keawetan yang berbeda – beda.

2. Kuningan Telah Tergores

Apakah anda pernah menggores kuningan memori card dengan benda tajam? Jika anda pernah mengorek – orek kuningan memori card dengan benda tajam baik sengaja ataupun tidak sengaja maka hal tersebut akan membuat memori card terjadi kerusakan dan tidak bisa terbaca. Kuningan yang ada di memori card tersebut sifatnya sangat penting sebagai jalur hardware agar dapat terbaca oleh smartphone Android.

3. Posisi Memori Kurang Pas

Jika anda memasang memori card melenceng maka android juga tidak akan pernah bisa membaca memori card tersebut. Untuk itulah sebaiknya perhatikan dalam mencopot ataupun memasang memori card android dengan baik dan benar.

4. Suka Memindahkan Memori Ke Smartphone Lain

Pernahkah anda memindahkan memori card android ke smartphone lain dengan merek yang berbeda? Jika ya, maka sebaiknya jangan lakukan lagi. Dari beberapa sumber yang saya tahu ternyata hal tersebut dapat membuat memori card terjadi error, entah itu bagian software ataupun hardware.

5. Partisi Memori Card Rusak

Sama seperti Hard Disk komputer, memori card juga memiliki sistem partisi yang di khususkan untuk smartphone dan tablet Android. Jika partisi terjadi error maka hal tersebut juga dapat menghambat Android untuk mendeteksi memori card tersebut. Hanya dengan komputer (Linux) anda bisa memperbaiki partisi memori card.

Baca Juga :

Mungkin masih banyak penyebab – penyebab dari memori card yang tidak terbaca dan tidak menutup kemungkinan, memori card android anda memiliki penyebab yang berbeda. Untuk mengatasi beberapa penyebab di atas, coba atasi dengan Tips – Tips Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca berikut ini.

1. Lihat Posisi Memori

Coba lakukan cek, apakah anda sudah memasang memori card dengan baik dan benar. Jangan sampai anda memasang secara melenceng (miring) atau menjungkat ke atas. Matikan smartphone android anda dan pasang memori card dengan posisi yang tepat dan benar.

Baca Juga :

2. Bersihkan Dengan Penghapus Karet

Cara yang satu ini memang terlihat sangat kuno, tapi terbukti cara ini merupakan cara yang cukup ampuh. Beli atau pinjem penghapus karet dari adik anda (Jika Punya) lalu gosokkan pada bagian memori card yang berwarna kuning.

3. Format Kartu Memori

Coba gunakan card reader untuk menyambungkan memori card dengan komputer atau laptop. Dan jika terbaca maka dapat di pastikan bahwa memori card anda tidak rusak. Coba format memori card tersebut, tapi sebelumnya pindahkan semua file ke komputer anda.

Baca Juga :

4. Coba Pindahkan Ke Smartphone Lain

Coba pasang memori card anda ke smartphone android lain dan jika memori card terbaca maka dapat di simpulkan bahwa android anda yang bermasalah, bukan memori card-nya.

5. Lakukan Factory Reset

Jika memori card anda tidak rusak tapi tidak bisa terbaca, mungkin permasalahannya ada pada android anda. Coba lakukan factory reset agar nantinya semua konfigurasi dan pengaturan kembali ke awal seperti anda baru membeli smartphone android baru. Tapi sebelum melakukan factory reset, backup semua data atau file yang anda anggap penting.

Baca Juga :

Tips di atas tidak bisa menjamin 100% bisa berhasil mengatasi memori card yang tidak terbaca. Untuk itulah jika tips di atas tidak berhasil, coba cari tips – tips lain di Google yang mungkin lebih baik di banding dengan tips yang saya berikan.

Baca Juga :

Itulah tips singkat mengenai Cara Mengatasi Micro SD Tidak Terbaca di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here