2 Cara Backup Obrolan (Chat) BBM Android

0
1354

Dianisa.com – Tips Cara Backup Obrolan (Chat) di BBM Android. Setiap Pengguna #BBM (Blackberry Messenger) memiliki kemauan dan keinginan yang berbeda, ada yang ingin privasi tetap terjaga, ada yang ingin eksis terus di sosial media, ada yang ingin pesan (Chat) terus ada tanpa harus terhapus atau hilang entah kemana.

Baca Juga :

Pada hari ini saya akan memberikan tutorial cara membackup obrolan atau chat yang ada di BBM Android. Tapi sebelumnya, silahkan simak penjelasan singkat berikut ini.

Apa sih Backup Itu?

Backup adalah salah satu opsional yang bisa anda pilih untuk mencadangkan file yang anda inginkan agar nantinya jika terjadi masalah atau terhapus bisa anda kembalikan lagi. Seperti misalnya, anda mengkopi satu file ke dua tempat, satu file tersebut anda copy pada tempat yang terpisah yakni Hard Disk A dan Hard Disk B. Jika misalnya hard disk A rusak atau terformat maka data anda masih ada atau tidak? Tentunya masih, karena anda telah melakukan backup ke Hard disk B. Itulah contoh singkat mengenai apa itu backup.

Lalu, Bagaimana Dengan Fitur Backup Yang Ada Di BBM?

Aplikasi BBM tersedia fitur backup untuk chat. Jika anda ingin chat anda tidak hilang maka anda bisa melakukan backup pada pesan chat tersebut. Ada 2 opsi yang bisa anda lakukan. Opsi pertama, anda bisa kirim semua chat anda ke email Gmail, untuk opsi kedua anda bisa melakukan backup secara keseluruhan lewat fitur backup yang ada pada bagian pengaturan BBM. Mau tau caranya gimana? Ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Backup Chat BBM Dengan Email Gmail

Tutorial pertama saya akan melakukan backup pesan satu persatu dengan memanfaatkan fitur email gmail. Opsi ini di pilih bagi anda yang menggunakan BBM versi jadul atau versi lama. Karena untuk backup pesan secara keseluruhan hanya ada pada versi terbaru.

Cara Backup Chat BBM via Email

  1. Pertama, buka aplikasi BBM Android anda lalu masuk pada chat yang ingin anda backup. Pada bagian pojok kanan atas, anda pasti melihat 3 titik. Tap 3 titik terebut kemudian pilih “Email Obrolan”.
  2. Selanjutnya anda bisa pilih untuk mengirim semua chat via Email Gmail. Tap “Gmail” untuk melanjutkan. Tulis email cadangan anda agar anda bisa melihat semua chat via Email. Dan jika sudah, tap ikon segitiga yang ada pada bagian pojok kanan atas. Tunggu sampai pesan terkirim.
  3. Selesai.

Catatan : Dengan mengikuti langkah – langkah di atas, maka semua chat anda bisa anda backup. Lakukan cara di atas satu persatu pada chat lainnya. Sebagai tambahan, jika anda menggunakan BBM versi lama atau versi lawas kemungkinan besar tidak ada fitur cadangkan chat via Email. Jadi untuk lebih baiknya, anda update dulu BBM anda ke versi terbaru supaya lebih mudah dalam mengikuti tutorial di atas.

Cara Backup Semua Chat BBM Android

Untuk cara kedua, berlaku pada BBM Android versi terbaru atau versi 2.10 ke atas. Jika penasaran, langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Backup Obrolan BBM Android

  1. Pertama, buka aplikasi BBM android anda lalu tap 3 garis yang ada pada bagian pojok kiri atas. Kemudian tap “Setelan” untuk masuk ke opsi pengaturan BBM Android.
  2. Scrool ke bawah dan centang pada bagian “Simpan Riwayat Obrolan” maka nantinya akan muncul pop up opsional. Tap “Lanjutkan” untuk melanjutkan.
  3. Jangan lupa setiap satu minggu sekali anda tap “Cadangkan” agar semua chat bisa terbackup ke memori internal Android anda.
  4. Selesai.

Catatan : Dengan melakukan backup pada semua chat maka di saat anda menghapus atau mendelete chat tidak akan pernah bisa karena anda telah menyimpannya sebagai cadangan. Metode yang saya contohkan diatas, salah lakukan pada Aplikasi BBM versi terbaru, jadi bagi anda yang masih menggunakan BBM versi lawas sebaiknya update terlebih dahulu.

Baca Juga :

Demikian tips singkat mengenai Cara Backup Chat BBM Android, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika anda ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar. Selamat Mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here