Tips Sukses Bisnis Online di Instagram

Dianisa.com – Inilah 10 Tips Paling Jitu Sukses Bisnis Online di Instagram. Bisnis online sekarang ini benar – benar sangat booming. Terbukti banyaknya situs – situs besar menghiasi iklan – iklan para blogger sebagai trik untuk menarik para konsumen. Tak tanggung – tanggung, diskon yang mencengangkan membuat para penggila belanja berburu barang kesukaannya.

Baca Juga :

Meraka memiliki modal besar untuk menyewa jasa iklan. lalu bagaimana dengan masyarakat menengah yang tidak punya modal cukup besar? Instagram solusinya. Hadirnya #Instagram di Indonesia ternyata membuat sebagian orang memanfaatkannya sebagai media berbisnis yang sangat menguntungkan. Terbukti maraknya produk yang bermacam – macam mudah untuk di temukan di instagram.

Instagram tidak membutuhkan modal besar. Hanya modal pulsa dan nekad anda bisa jualan tanpa ada halangan. Tidak perlu membayar pajak, tidak perlu membuat blog atau website, cukup bermodalkan akun #Instagaram dengan followers yang berlimpah maka bisnis online bisa anda jalankan. Modal kecil bukan jaminan anda bisa sukses berbisnis, ada trik – trik khusus yang perlu anda pelajari agar bisnis online anda lancar.

Mau tau trik rahasia sukses jualan di instagram? Berikut ulasannya.

1. Nama dan Akun Anda Memiliki Pengaruh Besar

Buatlah nama yang unik dan menjadi ciri khas dari toko (Instagram) anda sendiri. Jika anda memiliki toko yang bersifat offline maka gunakan saja nama toko anda tersebut agar followers anda percaya bahwa anda seorang pebisnis dan benar – benar memiliki toko. Selain nama tambahkan pula dengan keterangan lengakap dan detail mengenai toko anda, produk anda, lokasi anda, nomor telepona anda, dan lain sebagainya.

  • Nama Toko dan Username : Jangan membuat nama dan username yang sudah di ingat, buatkan username yang singkat, unik, dan mudah di ingat. Hal ini bertujuan agar followers anda nantinya mudah dalam mencari toko anda.
  • Keterangan : Setiap akun pasti memiliki keterangan berupa produk yang di jual. Seperti misalnya anda menjual pakaian, maka keterangannya adalah menjual produk berupa pakaian (Kaos, aksesoris, sepatu, Kemeja, dan lain – lain).
  • Lokasi Anda : Tulis lokasi tempat anda berjualan, jika anda bisnis melalui rumah anda maka anda tulis dengan alamat rumah anda, dan jika anda berjualan melalui toko offline anda maka tulis alamat toko offline anda.
  • Kontak Nomor dan PIN BBM : Tambahkan dengan nomor telepon anda agar mudah untuk menghubungi anda. Jika anda punya sosial messenger lain, tambahkan pula dengan PIN BBM, Line, dan Whatsapp.

Anda harus terbuka dalam artian anda tidak boleh menyembunyikan identitas asli anda. Anda harus publikasikan siapa nama anda, tempat tinggal dimana, jualan apa saja, dan informasi pribadi anda yang sifatnya boleh untuk di publikasikan.

2. Koneksikan Akun Instagram Anda Dengan Sosial Media Lain

Perlu anda ketahui bahwa instagram dapat di hubungkan dengan sosial media lain, hal ini tentunya memudahkan anda dalam mencari followers, promosi produk, serta meningkatkan penjualan produk. Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flickr adalah sosial media yang dapat anda koneksikan dengan akun instagram anda.

Setiap kali anda memposting sesuatu di instagram, bagikan juga ke sosial media lain. Hal ini bertujuan agar orang mengetahui bahwa anda sedang aktif menggunakan instagram. Ini bisa menjadi pancingan para pengguna sosial media lain untuk melihat – lihat isi dari profil instagram anda.

Para pengguna facebook biasanya juga aktif menggunakan instagram, anda bisa mencari teman anda di facebook apakah mereka menggunakan instagram atau tidak. Jika mereka juga menggunakan instagram maka follow mereka maka saya yakin mereka akan follow anda balik.

Baca : Cara Menghubungkan Akun Instagram Dengan Facebook

3. Tampilkan Produk Anda Dengan Desain Yang Kreatif

Awal dari sebuah produk yakni di lihat dari mata. Untuk itulah anda harus bisa menampilkan produk yang mengesankan walaupun produk tersebut sebenarnya sederhana. Ciptakan ide kreatif yang membuat orang mau melihat profil anda terus menerus. Salah satu hal utama yang harus anda kuasai adalah Desain Grafis.

Produk Dengan Desain Kreatif Instagram

Berbeda dengan jualan yang bersifat offline yang hanya tinggal di pajang, sedangkan jualan di instagram harus punya kreatifitas tingkat tinggi agar produk bisa laku. Manfaatkan kamera android sebagai solusi untuk menampikan produk di sosial media (Instagram). Tak cukup jika hanya seperti itu saja, edit menggunakan Photoshop agar hasil lebih maksimal.

Kenapa harus Photoshop? Jika anda hanya memanfaatkan software edit foto android maka saya rasa hasilnya akan kurang menarik dan kreatifitas anda pasti terbatas. INGAT! Anda itu jualan bukan hanya sekedar pajang foto.

4. Ciptakan Rasa Humor Dalam Produk

Setiap kali anda upload foto ataupun video pastikan anda menyelipkan sedikit humor agar orang lain mau tersenyum dan ketawa – tawa. Ini bertujuan agar mereka senang dengan apa yang anda bagikan, tidak hanya bisnis online tetapi juga memberikan rasa Fun kepada mereka.

Jika anda merasa sulit membuat Video karena terlalu ribet maka ciptakan rasa humor tersebut melalui foto yang anda bagikan. Selipkan dengan kata – kata lucu agar mereka bisa tersenyum dan tidak bosan dengan apa yang anda posting. Quote sederhana dari saya,

ANDA PUNYA PRODUK, ANDA BISA JUALAN.

5. Update Foto Dan Video Secara Teratur

Setiap kali anda berbagi foto di instagram jangan melakukannya secara bersamaan. Contohnya anda berbagi foto kemudian dua menit selanjutnya anda berbagi foto lagi maka hal tersebut bisa di katakan tidak teratur dan terlihat kurang baik.

Posting yang baik adalah posting yang terjadwal, misalnya anda memposting foto di pagi hari, kemudian di lanjutkan posting di siang dan malam hari. Nah, cara seperti ini akan menampikan produk – produk anda secara teratur. Yang perlu anda perhatikan juga, Jangan terlalu berlebihan saat memposting foto dalam satu hari. Maksimal anda bisa posting foto 10 per-hari.

6. Gunakan Hashtag Yang Tepat Pada Sasaran

Hashtag dapat anda artikan sebagai kata kunci sebuah produk, misalnya hari ini anda menjual produk berupa pakaian bayi maka anda bisa membuat #pakaianbayi. Jangan hanya satu Hashtag, anda bisa membuat beberapa Hashtag lain yang tepat sasaran sesuai dengan produk yang anda jual seperti #BajuBayi #PopokBayi.

Secara logika, jika seseorang mencari pakaian bayi maka orang tersebut akan menulis pakaian bayi, dan Hashtag yang anda buatlah akan nongkrong di hasil pencarian orang tersebut. Jangan menggunakan Hashtag seperti di bawah ini,

#MasDianGanteng

7. Tulis Detail Mengenai Produk Yang Anda Jual

Setiap pebisnis online pasti akan menulis produk mereka secara detail seperti kain yang di gunakan, ukuran pakaian, warna pakaian, harga produk, serta cara pemesanan. Hal ini bertujuan agar seseorang yang ingin membeli produk anda tidak tanya terus menerus ke anda, karena anda sudah menulis detail produk secara lengkap dan detail.

Detail produk bisa anda tulis langsung melalui foto yang anda posting atau melalui kolom dari foto yang anda posting. Dua opsi ini bisa anda gunakan bersama – sama.

8. Buatlah Diskon dan Giveaway

Diskon adalah trik selain membuat iklan, dan giveaway juga merupakan trik dari bisnis online. Buatlah diskon mengenai produk yang anda jual agar orang tertarik untuk membeli, kebanyakan kaum wanita. Setiap wanita yang suka belanja pasti suka dengan yang namanya diskon, teman satu akan mengubar diskon ke teman lainnya, dan teman lainnya akan mengumbar diskon ke teman lainnya lagi.

Anda tidak usah pelit dalam membuat hadiah, cukup 3 hadiah saja apa anda akan bangkrut, tentu tidak. So, buat Giveaway.

9. Perbanyak Followers Instagram Anda

Jangan hanya fokus pada desain produk, anda juga harus fokus pada followers anda. Seperti yang di kutip dari Ria Ricis yang sukses jualan di instagram. Dia menampilkan foto dan video yang menarik para pengguna lain, dari situlah dia bisa dapat followers yang berlimpah. Untuk itulah jika anda ingin followers yang berlimpah, kualitas foto dan video anda juga harus terlihat WAH.

Sulit dapat Followers! Tenang saja, jika anda sulit dapat followers kenapa tidak anda saja yang follow mereka, siapa tahu nanti mereka juga anda follow back ke anda. Gampang kan!.

10. Respon Secara Cepat Dan Sabar

Bisnis online harus selalu online setiap hari dan setiap waktu. Lakukan kerja sama agar anda tidak repot sendirian. Para konsumen yang ingin bertanya pasti ingin respon yang cepat, jika tidak mereka akan kabur dan mencari toko lain.

Terkadang respon yang cepat ternyata juga tidak membuahkan hasil, untuk itulah anda harus bersabar, terus semangat, dan pantang menyerah.

Kesimpulan,

Bisnis online memang tidak mudah, tapi dengan usaha dan doa pasti tuhan akan kasih jalan untuk kita. Sebagai tambahan dalam berbisnis online di instagram, terapkan pula dengan tips singkat di bawah ini.

  • Follow orang yang menggunakan hashtag yang sama. Hal ini pasti akan sangat menguntungkan bagi anda.
  • Like dan Komentar Foto Teman (Followers). Jangan hanya fokus berbisnis, pastikan anda juga aktif dengan mereka agar akun anda terlihat di publik dan respect pada semua pengguna.
  • Like Dan Komentar Foto Di Setiap Hashtag Yang Anda Target. Coba komentar pada mereka yang menggunakan hashtag yang sama “Keren Bro! Mampir Yuk Ke Profil Ane”.

Baca Juga :

Itulah Tips Sukses Berbisnis Lewat Instagram semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika anda ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar. Terima kasih !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here